KRI IRIAN, Kapal Terbesar Di Belahan Bumi Selatan Milik Indonesia

 KRI Irian, Kapal Terbesar Di Belahan Bumi Selatan.
 
Dulu Indonesia adalah negara yang disegani dan ditakuti oleh negara-negara lain termasuk negara sekelas Amerika Serikat, Kekuatan Militer Indonesia adalah yang Terkuat Di Belahan Bumi Selatan.
Salah Satu Kehebatan Militer Indonesia dapat dilihat dari armada lautnya, Sebut saja KRI Irian
Adalah salah satu kapal perang terbesar dan tercepat di dunia buatan Sovyet dari kelas Sverdlov, dengan 12 meriam raksasa kaliber 6 inchi, dengan bobot raksasa 16.640 ton yang di awaki 1270 orang termasuk 60 perwira, Perlu diketahui Sovyet tidak pernah sekalipun memberikan kapal sekuat ini pada bangsa lain, kecuali Indonesia. (kapal-kapal terbaru Indonesia sekarang dari kelas Sigma hanya berbobot 1600 ton).
Datang ke Surabaya pada 5 Agustus 1962 dan dinyatakan keluar dari kedinasan AL Soviet pada 24 Januari 1963, ALRI yang belum pernah mempunyai armada sendiri sebelumnya, belajar untuk mengoperasikan kapal-kapal canggih dan mahal ini dengan cara trial and error / coba-coba. Pada November 1962 tercatat sebuah mesin diesel kapal selam rusak karena benturan hirolis saat naik ke permukaan, sebuah destroyer rusak dan 3 dari 6 boiler KRI Irian rusak. Suhu yang panas dan kelembapan tinggi berefek negatif terhadap armada ALRI, akibatnya banyak peralatan yang tidak bisa dioperasikan secara optimal. Di lain pihak kehadiran kapal ini membuat takut AL Belanda dan sekutu-sekutunya yang secara drastis mengurangi kehadirannya di perairan Irian Barat, Ketakutan itu sangat wajar karna pada masa itu KRI Irian merupakan kapal terbesar dan tercanggih di belahan bumi bagian selatan.
Berikut beberapa gambar KRI Irian:





 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar